Sabtu, 07 September 2013

Tentang Radiator

Berbicara mengenai dunia otomotif,,tentu saja hal tersebut tidak pernah lepas dari komponen yg disebut radiator .Ya,,,! radiator .
Komponen tersebut sering kita jumpai pada mesin-mesin kendaraan bermotor .
Bagi agan2 & sista sekalian yg masih belum ataupun sudah mengenal tapi kurang begitu memahami tentang komponen yang satu ini,yuk kita simak coretan2 dari ane berikut ini :


Radiator adalah salah satu komponen pada kendaraan bernotor,entah itu pada mobil ataupun pada sepeda motor dls,yg berfungsi sebagai sistem pendingin dengan media pendingin berupa air.
Radiator terbentuk dari material logam .kebanyakan logam penyusunnya adalah logam jenis tembaga dan kuningan .namun tak jarang pula logam jenis aluminium yg dipakai sebagai bahan dasar pembuatan radiator .
Pada dasarnya,radiator terdiri dari beberapa bagian seperti yang terlihat pada gambar diatas,sesuai dengan fungsinya masing2 bagian .
Nah,,bagian2 seperti pada gambar diatas memiliki fungsi sebagai berikut :

* Bagian pertama ( nomor 1) disebut filter cap atau tutup filter .
    Sesuai dengan namanya,fungsi pada bagian tersebut adalah sebagai penutup agar tekanan air serta udara yang berasal dari mesin utama tidak sampai keluar yang dapat menyebabkan berkurangnya air di dalam radiator.

*Bagian kedua (nomor 2 ) disebut cooling fan atau kipas pendingin .
    dalam hal ini,kipas tersebut digunakan   sebagai pendingin ekstra melalui perputaran angin yg dihasilkan     oleh kipas pendingin .Namun,perlu diingat bahwa arah berputarnya cooling fan pada radiator yg benar adalah berputar ke kiri bukan ke kanan .Dengan kata lain,cooling fan bersifat menarik tekanan angin dari arah radiator ,bukan malah memberikan dorongan ke arah radiator .

*Bagian ketiga ( nomor 3 ) disebut temperatur sensor .
    Biasanya dihubungkan oleh kabel yg nantinya akan tersambung ke bagian komponen lain yg fungsi             sincronisasinya sesuai dengan temperatur sensor .
    sedangkan temperatur sensor sendiri berfungsi sebagai sarana untuk mengontrol suhu panas yg dihasilkan dari sistem kerja radiator .

*Bagian keempat ( nomor 4 ) disebut grille atau kisi2 radiator .
   berfungsi sebagai rusuk pendingin ( pendingin udara bebas ),juga untuk melindungi sel2 utama pipa sirkulasi air radiator .terletak di tengah,berbentuk kisi2 disertai pipa2 sel sirkulasi air .ukuran panjang & lebarnya sesuai dengan jenis radiator pada tiap2 kendaraan .

*Bagian kelima ( nomor 5 ) ,disebut electrick motor .terdiri dari komponen dinamo yg terpasang dengan cooling fan .fungsinya untuk menggerakkan cooling fan agar bisa bekerja secara optimal .

*Bagian keenam ( nomor 6 )  radiator hose atau selang radiator .nantinya radiator akan terhubung dengan selang yg berperan sebagai penghantar sirkulasi air yg akan masuk ke dalam water pump .

 Sekian dulu informasi dari ane gan,moga bermanfaat .
thanks .

1 komentar: